Tips

5 Langkah Wawancara Sukses

Pernahkah Anda mendengar pepatah lama yang menyebutkan, Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua kalau Anda tidak berhasil di kesempatan pertama. Nah, tentunya Anda tidak ingin kesempatan bekerja di perusahaan impian melayang begitu saja, hanya karena Anda salah berkelakuan saat wawancara ‘kan? Berikut tip sukses saat wawancara kami bagikan buat Anda…
1. Pakaian yang Mengesankan
Memang benar yang mengatakan kalau seseorang tidak dinilai dari penampilannya namun isinya. Tetapi tetap saja supaya orang tertarik untuk mengecek ‘isinya’ perlu penampilan yang “mengikat” pandangan.
“Mengikat” tidak perlu berlebihan. Berbusanalah yang sopan seakan Anda menganggap penting pertemuan ini. Pun yang sering dilewatkan adalah tkebersihan kuku, wewangian dan penggunaan perhiasan yang berlebihan.
2. Jabat Tangan
Banyak orang menganggap remeh dengan caranya menjabat tangan. Padahal yang harus Anda ketahui, “tekanan” yang Anda gunakan saat berjabat tangan sering dijadikan penentu karakter Anda.
Pastikan jabatan Anda tidak terlalu kuat apalagi lemah. Jabat tangan pewawancara Anda sembari menatap matanya dengan keyakinan. Pun, pastikan tangan Anda kering, tidak lembab apalagi basah.
3. Kata yang Tidak Penting
Hindari penggunakan kata yang tidak penting. Jangan mengatakan “mungkin” yang hanya mengesankan Anda sebagai pribadi yang tak pasti. Tidak ada perusahaan yang membiarkan posisinya berada di titik “kemungkinan”.
Sama halnya dengan “hmmm…” ataupun “yah…” Anda sedang tidak mengobrol dengan teman-teman tetapi calon perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan biarkan, HRD beranggapan Anda sebagai orang yang plin-plan.
4. Postur Tubuh
Tentu saja pewawancara tidak ingin berhadapan dengan kandidat-kandidat yang tidak tahu bagaimana harus bersikap ketika sedang wawancara. Sehingga, pastikan postur tubuh Anda tegap dan jawablah semua pertanyaan dengan rasa percaya diri.
Tidak hanya melalui jawaban-jawaban yang memuaskan dan meyakinkan, Anda juga perlu melakukannya lewat sikap tubuh yang positf. Seperti pandangan yang tegas, posisi duduk yang tegak dan pembicaraa yang fokus.
5. Jadilah Hebat tapi…Masuk Akal
Artinya Anda tidak perlu berpura-pura menjadi super hero agar perusahaan mau merekurt Anda menjadi bagiannya. Berikan yang terbaik, jelaskan secara maksimal kemampuan yang Anda miliki yang berguna untuk perusahaan.
Jangan pernah menjual omong-kosong dan berbual apalagi menjanjikan sesuatu yang berlebih-lebihan yang bahkan tidak Anda miliki. Ingat, walaupun pewawancara ingin sesuatu yang hebat namun dia juga menginginkan sesuatu yang masuk akal. Anda bisa “menjual’ sisi manusiawi Anda, jika bisa. Jika Anda tergabung di kegiatan sosial atau memilii ketertarikan pada alam dan olahraga, ini bisa menjadi daya tarik unik buat perusahaan. 

No comments: